Latihan Mobil Manual (LAGI)- Day 2

Hola

Aku baru balik dari latihan mobil hari kedua.

Hari ini latihan sama Pak Ardi (kalo ga salah), ya sekitar 40 tahun gitu kayaknya umurnya, om nya pelatih aku kemarin.

Pak ardi orangnya ramah, sabar, dan selalu positif, sering ajak guyon pas yang dilatih stres. Orangnya juga lebih informatif.

Hari ini latihanku ngga cuma di komplek pogung, kita latihan ke jakal tapi muter pas di kentungan, terus muter sampe ke arah bunderan teknik, ke sarjito, dan balik lagi.

Materi hari ini:

  1. Pas turunan jangan injek kopling
  2. Kalo mesin mati, langsung injek kopling sama rem terus starter lagi, balikin ke gigi satu, kopling setengah, lepas rem pelan pelan
  3. Pas tanjakan kalo belok injek gas sama bantu kopling setengah kalo ga kuat nanjak
  4. Nyeberang di perempatan ga ada lampu, injek kopling full, injek rem full, kopling setengah, mainkan rem pelan pelan sambil liat kiri jalan
  5. mundur lurus buat parkir. injek kopling full, gigi mundur, kopling setengah, kopling full, rem, netralkan gigi puter kekiri full, puter ke kanan dua kali (stir posisi lurus)
  6. mundur terus belok kanan, stir kiri full, kopling stengah, pas udah setengah badan puter ke kanan pelan pelan sampe lurus
  7. Cara pegang stir pas biasa: kaitkan jempol di tempat stir. Cara pegang stir pas belok kanan, puter stir ke kanan sampe 90 derajat (tangan kanan di bawah), pindahkan tangan kanan ke tempat jempol (silang di atas tangan kiri), lepaskan pegangan tangan kiri (rileks aja). Dan sebaliknya
  8. pas udah kelar, kopling rem full, netralkan, tarik handrem, matikan semua yang perlu dimatikan, lepaskan kopling dan rem, tarik kunci

Happy, ternyata latihan mobil yang sebelumnya efektif dan ngebantu banget. hahaha

bismillah lancaarrr !

Advertisements

Latihan Mobil Manual (LAGI)- Day 1

Hai !

 

Hari ini, setelah sekian lama nggak pernah bawa mobil manual lagi (re: latihan), aku mutusin buat latihan mobil lagi.

Butuh motivasi yang sangat kuat untuk memulai melakukan hal yang sangat kita takuti. Pada kasusku, motivasi itu salah satunya adalah kekesalanku karena aku harus sangat bergantung pada orang lain ketika aku difasilitasi mobil oleh mantan kantorku. Aku benci tergantung pada orang lain, karena ketika kita bergantung pada orang lain, kita harus mentolerir semua hal dari diri orang itu, termasuk ketika dia sangat arogan, selfish, dan menyakitkan hati akibat omongannya yang ga pernah diayak. I HATE HIM. And i hate my self for not being able to drive manual car, because it disturbed me in doing my responsiblity and growing fast in my career. Aku tertampar dengan ucapan mantan spv ku saat memberi nasehat: sukses adalah pertemuan antara kesempatan dan kesiapan. Aku diberi fasilitas mobil, tapi aku tidak siap, dan itu merembet ke performaku.

So, here i am.

Aku daftar latihan mobil di Jogja, di suatu lembaga kursus. Awalnya aku berencana ambil paket 5 jam dulu untuk coba latihannya. Tapi akhirnya aku putusin untuk ambil latihan yang 15 kali karena kata mas mas pelatihku di lembaga tersebut ketika ambil paket 5 jam dan ambil paket 5 jam lagi maka materi yang diajarkan pun sama. Untuk paket 5 jam harganya 250 rb, per jam 50 menit, dan dibagi 2-3 kali pertemuan.

Sebenarnya, latihanku hari ini sudah dibuka dengan hal yang menjengkelkan. Admin dari lembaga kursus tersebut mengesalkan, menyalah nyalahkan konsumen dan tidak ada minta maaf sama sekali ketika tiba tiba sepihak mengganti jam dan mobil latihan. Awalnya aku sudah malas, dan ingin berganti lembaga. Tapi yasudah lah aku coba karena pada akhirnya si admin memperbaiki kesalahannya (tapi tetep ga minta maaf).

Kemudian aku di wa oleh pelatihnya, wa nya sopan. Ya, setidaknya membuatku agak sedikit kembali percaya pada lembaga tersebut.

Pelatihku hari ini bernama mas Yusga.Umurnya 25 tahun. Orangnya sabar dan ramah. Hanya saja kurangnya adalah kurang terstruktur saat mengajar karena aku diberikan materinya sambil jalan, bukan diberitahu di awal dulu. Tapi ya sudahlah, untung sebelumnya aku pernah latihan mobil jadi tampaknya materi di masa lalu (halah) masih nempel sedikit. hahaha.

Materi pertama:

pengenalan mobil

  1. cara menyalakan mobil: masukin kuncinya, injek kopling, tekan dan putar ke kanan pol sebentar sampai getarannya stabil
  2. Pengenalan lampu: pada avanza semua lampu ada di tuas kanan. sen kiri ke atas, sen kanan ke bawah. Lampu fog/kabut putar pada tuas kecil di kanan di tengah. Lampu utama jarak pendek di tuas kecil ada tanda titik putar hingga ketemu titik, lampu utama jarak jauh tinggal tekan ke bawah . Lampu dim tekan ke atas seperti saat klakson.
  3. Pengenalan atur spion. Pada avanza cari tombol L dan R, atur dengan tanda panah atas bawah kanan kiri di dashboard pengemudi. Central lock jendela ada di tombol di pintu pengemudi.
  4. Pengenalan kanebo (?) mobil, lupa namanya, hahaha. Pada avanza ada di tuas kiri, untuk sabun tekan ke atas. untuk sekali lap dorong ke atas sekali, untuk semakin cepat turun ke bawah (ada tiga option). Untuk kaca belakang, hanya ada di tuas kecil putaran, atas bawah untuk sabun, tengah untuk lap.
  5. Sebelum masukin gigi, tekan kopling penuh. Pertama jalan tekan kopling dan rem, turunkan handrem, lepas kopling setengah dan lepaskan rem kaki perlahan.
  6. Kalau mau rem, injak kopling penuh dulu baru rem kaki perlahan.
  7. Di belokan, injak kopling full, putar setir penuh mengikuti arah belok ketika spion sudah hampir sampai di ujung belokan terdekat. sambil lepaskan kopling perlahan hingga setengah kopling dan banting stir ke arah sebaliknya perlahan lahan, sampai kemudian kopling dilepas sepenuhnya.
  8. Kaki kanan standby di rem
  9. Waktu di tanjakan setelah rem, lepas kopling stengah baru lepaskan rem perlahan lahan
  10. Di belokan sepi boleh ga pake kopling dan langsung belok aja.
  11. di perempatan, pake kopling, tekan tombol merah di dasboard tengah untuk jika pilih jalan lurus.

 

Well kurang lebih itu yang aku dapat di pertemuan pertama tadi.

Semoga pelatihku berikutnya juga sabar dan informatif.

 

Fighting ! for better future ! 🙂