Unfinished… (part 1)

Dia bernama Bayu. Bayu. Namanya berarti angin. Seperti namanya, ia berlalu ke mana saja ia ingin. Kadang ia begitu lembut, kadang ia begitu menyeramkan. Kadang ia meneduhkan, kadang ia memporakporandakan. Ia melakukan kewajibannya dengan begitu baik, memenuhi arti namanya dengan penuh dedikasi.

 Di bangku taman itu, ada seorang gadis yang menarik perhatiannya sejak dulu, namanya Larasati. Ia memanggilnya Laras. Bayu ingat ia pernah menanyakan apa arti nama Laras. Ya, dulu. Dulu sekali.

“ Larasati artinya hati yang lurus. Mas sendiri namanya siapa?” ujar Laras sambil mengulurkan tangannya.

Bayu masih mengingat percakapan pertama mereka saat itu, di sana, di bangku taman yang sama, di tempat Laras duduk dan menulis sore ini. Ia masih mengingat ketika kemudian ia menyebutkan namanya. Ia juga masih mengingat ketika Laras kemudian menceritakan makna namanya pada pertemuan mereka yang kesekian kalinya.

“ Larasati itu artinya hati yang lurus, Mas Bayu. Bunda bilang, Bunda dulu kasih nama Larasati, biar anaknya bisa terus inget buat dengerin hatinya pas bersikap sehari-hari-nya. Bukan cuma pakai ini,” ujar Laras sambil menepuk pelan kepalanya sendiri.

Ah, Laras memang begitu unik. Tingkahnya seperti anak kecil tetapi pemikirannya begitu dewasa, jauh melebihi tingkat kedewasaan yang dimiliki gadis-gadis seumurannya saat ini. Bayu masih memandangi Laras yang sedang asyik menulis di sampingnya. Laras masih saja  tidak menyadari bahwa Bayu terus memandanginya semenjak ia mulai menulis di buku kecil kesayangannya setiba mereka di bangku taman itu.

“Dasar bocah,” gumam Bayu pelan sembari tersenyum kecil.

Ya, Bayu paham betul kebiasaan Laras yang satu itu. Begitu Laras mulai menulis, seluruh dunia di sekitarnya seolah menghilang. Hanya ada Laras dan dunianya. Ya, dunia yang Laras ciptakan sendiri dalam lembaran buku kecil kesayangannya itu. Dan karena itulah, ia dapat memiliki waktu untuk memandangi Laras sepuas yang ia inginkan tanpa perlu khawatir Laras menyadarinya.

to be continued…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s